Cara Memihara Burung Ciblek

Cara Memihara Burung Ciblek. Selain itu, idealnya burung jantan dan betina yang hendak dijodohkan benar-benar sudah dewasa, yaitu umur 1,5 tahun untuk calon induk jantan dan 1 tahun untuk calon induk betina. Mengenai jenis ciblek yang mau Anda tangkarkan, tentu bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing, apakah mau menangkarkan ciblek gunung atau ciblek kebun / jawa, baik dada putih maupun dada kuning.

http://chaendablex.blogspot.com/

Proses penjodohan ciblek

Proses penjodohan ciblek tidak jauh berbeda dari jenis burung lainnya. Misalnya dengan menggantung sarang mereka saling berdekatan, atau memasukan mereka ke dalam kandang perjodohan yang bersekat.

Pada tahap awal perkenalan, biasanya ciblek jantan dan betina akan saling menunjukkan emosi masing-masing. Biarkan kondisi tersebut berjalan selama beberapa hari, agar mereka bisa saling beradaptasi satu sama lainnya.

Selama perjodohan, burung diberikan pakan yang bisa menaikan birahi, misalnya kroto dan jangkrik. Selama itu pula, perkembangan burung harus tetap dipantau. Jika burung jantan terlihat selalu menyerang betina, porsi kroto dan jangkrik bisa dikurangi, sedangkan porsi untuk betina ditambah. Begitu pula jika sebaliknya.

Untuk memudahkan proses perjodohan ciblek, Anda bisa menggunakan BirdMature yang sangat efektif dalam mendongkrak birahi pada level optimal, sehingga burung tidak loyo dan tidak juga over birahi (OB). Selain itu, BirdMature nantinya akan berperan dalam meningkatkan kesuburan / fertilitas telur, meningkatkan daya tetas telur yang dierami induk, serta meningkatkan kualitas kesehatan anakan.

Tanda-tanda burung ciblek berjodoh adalah:
  •     Burung betina ataupun jantan akan selalu mengambil posisi berdekatan sewaktu tidur atau istirahat.
  •     Burung betina lebih sering membalas suara kicauan jantan dengan tembakan khasnya.
Setelah tanda-tanda tersebut mulai tampak, maka saatnya memasukkan burung jantan dan burung betina dalam kandang penangkaran. Dalam tahap penyatuan, perawat harus tetap memantau kondisi kedua indukan, siapa tahu terjadi saling serang. Kalau masih saling serang, proses penjodohan harus diulangi sampai keduanya benar-benar akur.

Selanjutnya.

0 comments "Cara Memihara Burung Ciblek", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment