Akibat Dari Sering Merokok

DO NOT NGUDUT!!!!!!!

Akibat Dari Sering Merokok.
Sekarang ini merokok merupakan gaya hidup setiap orang baik pria maupun wanita, bahkan anak-anak ramaja sekarang ini banyak yang merokok. Merokok dapat menyebabkan banyak penyakit, yaitu : kanker paru-paru, emfisema, penyakit jantung,kerusakan tubuhdan lebih cepat tua. Sebagian manusia di dunia ini meninggal karena penyakit jantung yang disebabkan oleh merokok. Meski menyadari itu jutaan orang di dunia ini masih tetap merokok. Zat utama yang ada pada rokok adalah Nikotin, bukan hanya itu dalam sebatang rokok ada banyak zat-zat kimia yang di campur agar menambah kenikmatan merokok. Asap rokok banyak mengandung zat-zat kimia diantaranya arsenik, aseton,butan, karbon monoksida, dan sianida. Penyakit yang di sebabkan oleh merokok adalah :

    Kanker Paru-Paru

Kanker paru sangat diketahui sebagai penyakit yang berhubungan dengan merokok. Resiko seorang perokok untuk mendapatkan kanker paru rata-rata 7,8 kali dibandingkan dengan bukan perokok. Zat-zat yang terkandung dalam rokok dapat dikelompokkan dalam 3 komponen utama, yaitu nikotin, tar dan kelompok gas. Pada kelompok nikotin terkandung zat adiktif yang membuat orang menjadi kecanduan dan sulit menghilangkan kebiasaan merokok. Penemuan dini kanker paru melalui screening yang dilaksanakan dengan 2 cara, yakni pemeriksaan dahak (sitologi sputum) dan rontgen dada (foto thoraks). Asap rokok yang dihisap pada saat merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru karena asap rokok mengandung banyak zat-zat kimia yang merusak anggota tubuh terlebih-lebih paru-paru. Karena setiap asap rokok yang dihirup akan langsung masuk ke paru- paru.



    Emfisema

Efisema adalah sebuah penyakit yang lama kelaman membuat paru-paru kehilangan elastisitasnya. Orang yang telah bertahun-tahun merokok dapat mengidam penyakit efisema. Apabila paru-paru kehilangan elastisitasnya maka paru-paru sulit mengeluarkan udara kotor. Tanda-tanda orang yang mengalami efisema adalah sulit bernafas, mudah terengah-engah, sering batuk dan mengalami flu berat.

    Penyakit Jantung

Lebih dari 75 persen penderita penyakit jantung koroner akibat terlalu banyak merokok sehingga racun nikotin menumpuk dalam jaringan tubuh manusia. Gejala penderita penyakit ini biasanya disertai nyeri dada, nafas tidak lega, keringat dingin dan gangguan pencernaan seperti mual, muntah dan perut seperti terbakar. Rokok merupakan salah satu penyebab penyakit jantung, karena nikotin yang dikandung dalam sebatang rokok bisa membuat jantung berdebar lebih cepat daripada aktifitas yang kita lakukan. Asap rokok mengandung karbon monoksida yang beracun. Zat beracun yang terdapat dalam karbon monoksida tersebut menghalangi pergerakan oksigen ke jantung dan ke organ-organ tubuh yang lain. Nikotin yang terdapat dalam sebatang rokok dapat mempersempit pembuluh darah sehingga memperlambat pergerakan oksigen yang terjadi di dalam tubuh.

    Kerusakan Tubuh

Bagian tubuh yang rusak akibat merokok adalah paru-paru, jantung dan saluran pernapasan. Selain bagian tubuh tersebut banyak organ-organ tubuh yang lain dapat rusak akibat asap rokok. Asap rokok juga dapat merusak mata yaitu penyakit katarak. Asap rokok juga dapat menyebabkan leukimia, radang paru- paru, penyakit gusi, kanker ginjal dll.



    Lebih Cepat Tua

Wajah seorang perokok kelihatan lebih tua dibanding orang yang tidak merokok. Hal tersebut dapat dilihat dari wajah setiap orang. Orang yang merokok memiliki wajah yang keriput dibanding orang yang tidak merokok. Kekeriputan wajah orang yang merokok hampir lima kali dibanding orang yang tidak merokok.

Jadi intinya adalah merokok dapat menyebabkan banyak penyakit yang merugikan yang timbul di dalam tubuh dan dapat menyebabkan kematian. Maka mulai dari sekarang bagi anda yang merokok hindarilah tubuh anda dari asap rokok dan bagi para remaja yang belum merokok jangan coba-coba memulai hidup dengan merokok.


Akibat negatif dari rokok,
 sesungguhnya sudah mulai terasa pada waktu orang baru mulai menghisap rokok. Dalam asap rokok yang membara karena diisap, tembakau terbakar kurang sempurna sehingga menghasilkan CO (karbon mono oksida), yang disamping asapnya sendiri, tar dan nikotine (yang terjadi juga dari pembakaran tembakau tersebut) dihirup masuk ke dalam jalan napas.

CO, Tar, dan Nikotin tersebut berpengaruh terhadap syaraf yang menyebabkan :
- Gelisah, tangan gemetar (tremor)
- Cita rasa / selera makan berkurang
- Ibu-ibu hamil yang suka merokok dapat kemungkinan keguguran kandungannya

Tar dan Asap Rokok
Tar dan asap rokok merangsang jalan napas, dan tar tersebut tertimbun disaluran itu yang menyebabkan :
- Batuk-batuk atau sesak napas
- Tar yang menempel di jalan napas dapat menyebabkan kanker jalan napas,
lidah atau bibir

Nikotin
Nikotin merangsang bangkitnya adrenalin hormon dari anak ginjal yang menyebabkan :
- Jantung berdebar-debar
- Meningkatkan tekanan darah serta kadar kholesterol dalam darah,
tang erat dengan terjadinya serangan jantung

Gas CO (Karbon Mono Oksida)
Gas CO juga berpengaruh negatif terhadap jalan napas dari pembuluh darah.
Karbon mono oksida lebih mudah terikat pada hemoglobin daripada oksigen
Oleh sebab itu, darah orang yang kemasukan CO banyak, akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon mono oksida. Pada seorang perokok tidak akan sampai terjadi keracunan CO, namun pengaruh CO yang dihirup oleh perokok dengan sedikit demi sedikit, dengan lambat namun pasti akan berpengaruh negatif pada jalan napas dan pada pembuluh darah.





Semoga Bermanfaat..

0 comments "Akibat Dari Sering Merokok", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment